30 Desember 2014

Home » » Pengertian Etika Komunikasi Massa

Pengertian Etika Komunikasi Massa

30 Desember 2014, 0 komentar

Etika Komunikasi Massa. Etika berasal dari kata Latin Ethic. Ethic berarti kebiasaan. Etika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah Ilmu tentang apa yang baik dan buruk dan tentang hak dan kewajiban moral, kumpulan asal/nilai yang berkenaan dengan akhlak, nilai mengenai benar dan salah yang dianut oleh golongan tertentu.

Moral berasal dari Bahasa Latin Mores. Mores berasal dari mos yang berarti kesusilaan, tabiat, atau kelakuan. Moral bisa diartikan sebagai ajaran kesusilaan. Etiket, berarti sopan santun, cara suatu perbuatan harus dilakukan manusia. Intinya, ada sebuah “aturan
bersama” yang hidup di masyarakat yang sama-sama diyakini untuk mengatur tata pergaulan masyarakat agar tercapai kehidupan secara lebih baik meskipun masing-masing masyarakat punya tolok ukur tentang etika itu.

Etika Pers (Komunikasi Massa) adalah adalah Filsafat moral yang berkenaan dengan kewajiban-kewajiban pers dan tentang penilaian pers yang baik dan pers yang buruk.

Poin Penting dalam Etika Komunikasi Massa:

1. Tanggung Jawab
2. Kebebasan Pers
3. Masalah Etis
4. Ketepatan dan Objektivitas
5. Tindakan Adil Untuk Semua Orang

Sumber:
A. Aziz Ma’arif, S.Sos., M. Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar